Tuesday 11 September 2018

Pengaruh Negatif Globalisasi

1. Kelompok Ekonomi Kuat Semakin Kuat, Kelompok Ekonomi Lemah Semakin Lemah
Liberalisasi perdagangan (perdagangan bebas) membuat pemilik modal besar mudah memperoleh keuntungan besar, dan pemilik modal kecil tidak mampu bersaing akhirnya bangkrut.
2. Sumber Daya Alam Semakin Menipis
Dengan globalisasi, perusahaan industri berdiri di mana-mana. Banyak pengusaha melakukan penebangan hutan, pengambilan tambang besar-besaran, dan pengambilan artesis yang amat dalam. Penebangan kayu besar- besaran untuk pabrik tanpa memperhatikan penanaman ulang atau reboisasi berakibat banjir besar melanda di mana-mana.
Pengambilan tambang besar-besaran berakibat menipisnya tambang bumi Indonesia.
Pengeboran artesis ke dalam bebas berakibat sumber air di sekitarnya terkuras kering dan tetangga sekitar kesulitan air bersih.
3. Menimbulkan Kerusakan Lingkungan
Pendirian pabrik besar berskala internasional banyak membuat kerusakan lingkungan seperti pemanasan global, rusaknya lapisan ozon, tercemarnya air akibat pembuangan limbah dengan pengolahan yang kurang tepat.
4. Meningkatnya Tindak Kejahatan yang Menggunakan Teknologi Canggih
Banyak orang jahat belajar ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi. Mereka memanfaatkan internet untuk membobol rahasia perusahaan, menyebarkan virus komputer, dan mencemarkan nama baik seseorang.
Selain internet, Handphone (HP) maupun telepon bisa digunakan untuk alat kejahatan seperti penipuan dan ancaman peledakan bom.
5. Meningkatkan Budaya Konsumtif
Majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi membuat para produsen giat mengiklankan barang dagangannya dengan mutu apa adanya sehingga menimbulkan budaya konsumtif masyarakat. Banyak masyarakat yang tertipu dengan iklan manis yang menawarkan barang produksi tidak bermutu.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain