Wednesday 12 September 2018

Biji

Apa Sebenarnya Biji itu?
Biji terdiri atas embrio, endosperma, dan kulit biji. Embrio merupakan calon tumbuhan berikutnya. Endosperma merupakan jaringan yang penuh cadangan makanan yang akan digunakan untuk perkembangan embrio.
Embrio pada biji terdiri atas radikula yang akan berkembang menjadi akar dan pucuk lembaga yang akan berkembang menjadi tajuk pertama.
Biji dilapisi oleh kulit biji atau selaput biji. Pada selaput biji terdapat hilum yang merupakan tempat pertemuan bakal biji dengan bakal buah. Endosperma merupakan bagian dari biji yang berfungsi sebagai cadangan makanan. Cadangan makanan ini digunakan oleh embrio selama perkembangannya sampai menjadi tanaman muda atau kecambah.

Ada Berapa Macam Buah yang Kamu Kenal?
Berdasarkan penutup bijinya, biji dibedakan menjadi biji tertutup dan biji terbuka. Pada biji tertutup terdapat bakal buah yang berfungsi sebagai pelindung. Tumbuhan biji tertutup disebut Angiospermae, sedangkan tumbuhan biji terbuka disebut Gymnospermae. Gymnospermae merupakan kelompok tumbuhan berbiji yang tidak terbungkus oleh bakal buah, contohnya melinjo.
Angiospermae merupakan kelompok tumbuhan yang bijinya terbungkus oleh buah, contohnya tomat. Berdasarkan keadaan endospermanya, biji dibagi menjadi 2, yaitu biji exalbuminous dan albuminous. Biji exalbuminous memiliki endosperma yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Contohnya pada biji jeruk. Biji albuminous adalah biji yang memiliki endosperma dan perisperma. Contohnya biji tanaman teratai atau lotus.

Bagaimana Cara Penyebaran Biji?
Tumbuhan tidak dapat bergerak untuk berpindah tempat. Namun, tumbuhan dapat menguasai suatu daerah dengan ciri berkumpulnya suatu tumbuhan dalam tempat tertentu. Bahkan, tumbuhan dapat menyebarkan bijinya ke suatu tempat yang jauh dari tumbuhan induknya. Biji sering disebarkan oleh binatang. Contoh hewan yang menyebarkan biji adalah burung, kelelawar, dan tupai.
Biji yang sangat kecil pada beberapa jenis tumbuhan, dapat disebarkan oleh angin. Contoh tumbuhan yang disebarkan bijinya oleh angin adalah bunga dandelion. Bunga ini memiliki buah yang berambut untuk menangkap angin. Dengan terbawa oleh tiupan angin, biji dapat berpindah tempat.
Selain binatang dan angin yang menyebarkan biji, tumbuhan yang hidup di sepanjang sungai atau pantai dibantu oleh air sebagai penyebar biji. Dengan terbawa aliran air, biji dapat sampai ke suatu tempat.
Contohnya buah kelapa. Buah ini dapat mencapai jarak ribuan kilometer dengan cara mengambang di atas air dan terbawa arus sampai menemukan tempat yang cocok. Jika menemukan tempat yang sesuai maka biji ini akan tumbuh menjadi tumbuhan baru.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain