Tuesday 11 September 2018

Pengaruh Positif Globalisasi

Globalisasi dapat memberi pengaruh positif atau negatif terhadap bangsa-bangsa di dunia. Adapun pengaruh positif globalisasi antara lain sebagai berikut.
1. . Meningkatnya Perubahan Komunikasi dan Transportasi
Dengan adanya perkembangan teknologi, komunikasi dan transportasi berkembang sangat pesat dan menyebar ke seluruh dunia. Dengan memanfaatkan kemajuan dari telekomunikasi, seperti HP, kini komunikasi bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka. Orang melakukan bepergian jauh tidak harus memerlukan waktu yang lama. Kini bepergian antar daerah maupun antar negara
dapat dilakukan dengan mudah karena adanya pesawat terbang.
Dahulu orang melakukan komunikasi, menyampaikan pesan, dan menangkap berita dengan berkirim surat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi canggih mengubah pesan surat menjadi 5MS/e-mail yang dapat sampai dalam hitungan detik.
Zaman dahulu orang bepergian dengan menggunakan bendi, bus, dan kereta sebagai alat transportasi darat dan kapal layar sebagai alat transportasi laut. Dengan adanya kemajuan teknologi alat transportasi berkembang pesat, kini untuk bepergian masyarakat
lebih suka menggunakan pesawat. Alat transportasi ini lebih cepat dibandingkan alat transportasi yang sudah ada.
2. Terbentuknya Lapangan Kerja
Globalisasi mendorong pengusaha menanamkan modalnya ke negara berkembang yang banyak tenaga kerja. Dengan membuka usaha dapat menciptakan lapangan pekerjaan, misalnya di Bali berdiri hotel berbintang atas kepemilikan orang Swis, Jerman, Perancis, dan lain-lain.
3. Pesatnya Pertumbuhan LSM
Globalisasi mendorong berdirinya berbagai LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Banyaknya berdiri LSM dapat mempermudah masyarakat memperoleh informasi tentang kerusakan lingkungan dan pelanggaran HAM. LSM yang bergerak dalam bidang Hak Asasi Manusia selalu berupaya untuk mengawasi pelanggaran HAM di dunia sehingga pelanggaran bisa berkurang.
Adapun LSM di bidang lingkungan hidup keberadaannya dapat mengurangi kerusakan lingkungan hidup yang terjadi. LSM ini selalu beraktivitas mengawasi kerusakan lingkungan yang terjadi di dunia. LSM ini juga melakukan upaya dalam pencegahan kerusakan lingkungan. LSM di bidang Hak Asasi Manusia dan lingkungan hidup berusaha mendorong pemerintah dan masyarakat di dunia untuk menjaga Hak Asasi Manusia dan lingkungan hidup.
4. Menumbuhkan Toleransi Sesama Penduduk Dunia
Informasi antarnegara begitu cepat sehingga setiap peristiwa bisa disaksikan penduduk dunia, misalnya : terjadinya bencana alam akan menimbulkan simpati dunia untuk membantu negara-negara yang mengalami bencana itu. Selain itu setiap bangsa bisa saling menghargai dan menerima perbedaan yang ada pada diri mereka sehingga tercipta perdamaian dunia.
5. Timbulnya Gerakan Demokrasi di Berbagai Negara
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi dan informasi. Kejadian di berbagai negara mudah diketahui seperti gerakan demokrasi oleh rakyat dalam melawan otoriter pemerintah. Gerakan pro demokrasi di satu negara segera diikuti oleh masyarakat negara lain.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain