Saturday 15 September 2018

Daun

Permukaan Daun
Secara sederhana bagian permukaan daun tumbuhan terdiri atas tangkai daun, helaian daun, dan tulang daun. Tangkai daun adalah bagian dari daun yang menghubungkan helaian daun dengan batang. Tangkai daun ini mengalami perpanjangan menjadi tulang daun. Tulang daun pada tumbuhan akan bercabang-cabang lagi menjadi urat daun. Tipe percabangan tulang daun ditentukan oleh jenis tumbuhannya apakah termasuk tumbuhan dikotil atau monokotil.
Sel-Sel Daun
Daun tersusun dari beberapa lapisan sel.  Epidermis adalah lapisan yang di permukaan daun. Lapisan ini memiliki lilin. Dengan adanya lilin, epidermis berperan untuk menjaga kandungan air yang akan masuk atau keluar supaya tidak berlebihan.
Berikutnya lapisan palisade. Lapisan ini terletak setelah lapisan epidermis. Lapisan palisade banyak mengandung kloroplas sehingga berwarna hijau. Bentuk lapisan palisade yaitu kolom yang tersusun sangat rapat. Di bawah lapisan palisade terdapat lapisan bunga karang yang berbentuk tidak beraturan dan berongga. Rongga udara ini memungkinkan udara dapat bergerak masuk ke bagian dalam daun.
Apa Fungsi Daun bagi Tumbuhan?
Daun merupakan bagian tumbuhan yang penting. Daun dapat dikatakan sebagai dapur bagi tumbuhan, karena bagian tumbuhan inilah tempat pembuatan makanan bagi tumbuhan melalui proses fotosintesis. Air dan zat hara yang diangkut dari tanah melalui akar dan batang akan menuju daun. Dengan masuknya karbon dioksida dan bantuan sinar matahari maka terjadilah fotosintesis yang terjadi pada klorofil (zat hijau daun). Fotosintesis pada tumbuhan hijau menghasilkan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Karbon dioksida yang berasal dari udara dan oksigen yang dihasilkan dari fotosintesis dapat keluar dan masuk melalui mulut daun atau stomata.
Ada Berapa Jenis Daun?
Berdasarkan tulang daunnya, daun dapat dikelompokkan menjadi tiga, Yaitu tumbuhan dengan tulang daun menjari, tumbuhan dengan tulang daun menyirip, dan tumbuhan dengan tulang daun sejajar.
Pada umumnya tumbuhan dikotil memiliki bentuk dengan tulang daun yang menyirip, berbentuk seperti susunan sirip-sirip ikan, misalnya daun mangga, rambutan, jambu, dan nangka. Sedangkan tumbuhan monokotil memiliki daun dengan tulang daun yang sejajar,
berbentuk seperti garis- garis lurus yang sejajar dan pada tiap ujung tulang daun tersebut menyatu, misalnya pada jenis rumput- rumputan.
Berdasarkan jumlah helaian daunnya, daun dikelompokkan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. tunggal hanya memiliki satu helaian daun dalam satu tangkai. Sedangkan daun mejemuk memiliki lebih dari satu helaian daun dalam satu tangkai.
Daun juga dikelompokkan berdasarkan sisi atau keadaan tepi daun yang bermacam- macam.
Hal yang Unik dari Daun?
Sama seperti batang, tidak semua daun berbentuk seperti yang kita bayangkan. Adakalanya tumbuhan terlihat seperti tidak memiliki daun. Namun, ternyata ada daun yang mengalami modifikasi. Tumbuhan khususnya bagian daun mengalami modifikasi untuk beradaptasi dengan lingkungannya.
Kaktus hidup di daerah yang kering. Keadaan di tempat tersebut sedikit air. Untuk mengatasi keadaan tersebut maka kaktus beradaptasi dengan mengubah bentuk daunnya seperti duri atau jarum. Berbeda dengan bunga teratai. Tumbuhan ini hidup di tempat yang banyak air. Untuk mengeluarkan banyak air dari dalam tubuhnya, teratai memiliki daun yang lebar.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain