Sunday 23 December 2018

Asal usul nenek moyang Bangsa Indonesia

Asal nenek moyang
1. Diperkirakan nenek moyang bangsa Indonesia dari daerah Yunan, di daerah Indocina atau Cina Selatan.


2. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya tentang siapa nenek moyang bangsa Indonesia sebenarnya, yaitu sebagai berikut :
a. Menurut Hogen yang berpendapat bahwa bangsa yang tinggal di pesisir Melayu hasil dari daerah di pulau Sumatera,  bangsa ini kemudian membawa dengan bangsa Mongol yang pada beberapa waktu kemudian dinamakan dengan bangsa Melayu tua atau Proto Melayu dan bangsa melayu muda atau Deutro Melayu.
b. Menurut Prof. Mohammad Yamin
Beliau berpendapat bahwa nenek moyang kita berasal dari wilayah Indonesia sendiri.  Alasannya yaitu adanya fosil manusia purba dan temuan artefak yang usianya sangat tua. jadi manusia yang berkembang di wilayah Indonesia berasal dari Indonesia sendiri sejak zaman praaksara sampai saat ini.
c. Menurut Van Heine Geldern
Ilmuwan ini Apa pendapat yaitu nenek moyang bangsa Indonesia asalnya dari daerah di Asia. Hal ini didasarkan dari penemuan artefak di wilayah Indonesia mirip dengan artefak-artefak di belahan benua Asia lainnya.
d. Menurut Dr. H. Kern
Berdasarkan adanya kesamaan bahasa yang dipakai oleh penduduk Indonesia mikronesia Melanesia dan Polinesia. Hal itu membuat Dr. H. Kern menyimpulkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia asalnya dari daerah Kochin, Campa, Cina & Kamboja.

Kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia tersebut ketika masa belum mengenal tulisan atau dinamakan masa praaksara.  pada masa itu kehidupan masyarakat masih nomaden atau berpindah-pindah tempat.  sistem kepercayaannya didominasi oleh kepercayaan animisme yaitu kepercayaan terhadap adanya roh nenek moyang yang perlu untuk   disembah dan kepercayaan dinamisme yaitu suatu kepercayaan yang meyakini bahwa suatu benda memiliki kekuatan gaib.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain