Sunday 18 February 2018

Pengertian right issue, waran dan reksadana

a.  Right Issue
Pengertian right issue adalah hak kepada pemegang saham baru yang akan diterbitkan oleh emiten. Biasanya emiten mempunyai kewajiban untuk menawarkan terlebih dahulu kepada pemilik saham yang lama. Pada umumnya harga saham yang memiliki right issue lebih murah daripada saham yang tidak mempunyai right issue. Apabila perseorangan atau badan usaha tidak menggunakan Raight Issue  yang mereka miliki maka mereka bisa menjual saham tersebut kepada pihak lain.
b. Warrant  atau waran
Pengertian warrant yaitu surat berharga yang diterbitkan oleh badan usaha yang  memberikan hak kepada pemegang waran tersebut untuk bisa membeli saham badan usaha dengan syarat-syarat yang berkaitan dengan harga, jumlah serta masa berlaku waran. Waran biasanya dijual bersamaan dengan obligasi dan saham. Hal ini ditujukan agar investor mempunyai ketertarikan untuk membeli saham atau obligasi yang lebih banyak. Pada suatu penerbitan obligasi atau saham, emiten mempunyai kewajiban untuk menyediakan obligasi atau saham sesuai dengan yang disediakan. Apabila orang atau suatu badan yang tidak memakai waran yang dia miliki maka waran tersebut bisa dijual. Keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik waran adalah bisa mendapatkan tambahan saham dengan nilai harga yang lebih murah dari harga pasar. Dari pembelian yang murah tersebut, investor bisa mendapatkan Capital Gain atau selisih keuntungan dari  waran yang dia jual. Sedangkan kelemahan waran adalah resiko ketika harga pasar lebih rendah daripada harga saham badan usaha sehingga pada saat itu akan sudah tidak mempunyai nilai lagi.
c. Reksadana
Pengertian reksadana yaitu suatu tempat atau wadah yang dipakai untuk menghimpun dana masyarakat yang memiliki modal. Modal yang terkumpul tersebut akan diinvestasikan oleh manajer investasi dalam beberapa bentuk portofolio efek dengan memperoleh izin dari badan pengawas pasar modal atau Bapepam. Instrumen instrumen yang digunakan bisa terdiri atas beberapa surat berharga seperti saham, obligasi dan surat berharga lainnya dilakukan secara campuran dalam satu waktu menurut resiko dan keuntungan yang sudah diperhitungkan. Masyarakat bisa memanfaatkan  reksadana sebagai salah satu alternatif investasi yang menguntungkan. Terutama bagi mereka yang mempunyai modal sedikit bisa menginvestasikan uangnya  di reksadana. dengan uang yang terbatas tersebut nantinya bisa disajikan beberapa instrumen investasi yang menghasilkan keuntungan bagi pemilik reksadana. Jika semua masyarakat bisa bergabung dalam reksadana maka dana yang sangat besar bisa diversifikasikan dalam berbagai instrumen investasi oleh manajer investasi sehingga menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain