Wednesday 17 January 2018

Pengertian pantomim

Pantomim merupakan suatu jenis pertunjukan teater yang dimainkan hanya dengan gerak dan ekspresi wajah tanpa menggunakan kata-kata dan biasanya diiringi dengan musik. Fokus utama pantomim yaitu bagaimana pemeran mampu  membuat gerak-gerik tubuh dan ekspresi wajah bisa menghasilkan cerita tertentu dalam pertunjukan.
Secara bahasa,  pantomim berasal dari bahasa latin “pantomimus “ yang mempunyai arti “menirukan segala sesuatu”. Sedangkan pengertian penuhnya, pantomim adalah suatu pertunjukan teater yang memakai tubuh, ekspresi wajah dan gerakan sebagai dialog tanpa menggunakan kata-kata.
Dalam sejarah pantomim, kita tidak boleh melupakan seorang pantomim terkenal bernama Charlie Chaplin yang berhasil membuat pantomim menjadi populer lewat film bisu yang diproduksinya. Dalam setiap film yang dia bintangi selalu berperan dengan gerak-gerik tubuh, kostum, rias wajah dan karakter yang lucu. Adegan-adegan yang dimainkan semuanya tanpa dialog tetapi bisa dimengerti maksud dari cerita yang disampaikan. Dari film-film Charlie Chaplin inilah kemudian menjadi inspirasi bagi banyak pemain pantomim untuk membuat pertunjukan pantomim di panggung-panggung maupun membuat film yang mirip dengan Charlie Chaplin.
Sebagai kekuatan utama dalam pantomim adalah gerakan-gerakan yang imajinatif atau gerak meniru seakan-akan seperti melakukan suatu pekerjaan atau memegang suatu benda padahal pekerjaan atau benda itu tidak ada. Atau dalam adegan lain seakan-akan dalam situasi yang ramai banyak orang padahal dia sedang dalam situasi sendiri. Bagi pemain pantomim harus bisa membawa gerakan-gerakan yang mampu meyakinkan penonton bahwa peristiwa-peristiwa yang diamankan tersebut memang nyata adanya.
Secara umum pantomim biasanya bersifat humoris, menghibur dan lucu. Atau bahkan bisa dikatakan sengaja membuat kerak yang distilir atau digayakan secara kelebihan. Perpaduan unik antara gerak-gerak tubuh dan ekspresi wajah yang mempunyai karakter kuat membuat pantomim bisa menjadi tontonan yang menarik dan bagus serta bisa membawa nilai-nilai moral yang baik dalam pertunjukan.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain