Thursday 22 February 2018

Investasi di pasar modal

Suatu proses investasi memberikan pembelajaran bagi investor tentang bagaimana berinvestasi dalam sekuritas. Pengertian sekuritas yaitu surat berharga yang memberikan petunjuk tentang hak investor dalam memperoleh bagian dari keuntungan dan aset perusahaan yang mengeluarkan sekuritas tersebut.  Sedangkan hal-hal yang wajib diputuskan dalam melakukan investasi yaitu :
a. Kapan waktu yang tepat berinvestasi ?
b. Sekuritas seperti apa yang dipilih dalam berinvestasi ?
c. Dan berapa banyak investasi yang akan dikeluarkan ?
Supaya bisa mengambil keputusan dengan tepat dalam berinvestasi maka perlu untuk melakukan langkah-langkah berikut ini :
1. Memutuskan kebijakan investasi
Seorang investor wajib memutuskannya atau menentukan tujuan dari investasi yang hendak dia lakukan serta berapa besar jumlah biaya yang wajib disiapkan dalam investasi tersebut.
2. Menganalisis sekuritas
Dengan analisis sekuritas maka bisa diketahui karakteristik mispriced dari sekuritas yang hendak dipilih : yaitu sekuritas bisa memiliki harga yang sangat tinggi atau sekuritas juga bisa memiliki harga yang sangat rendah. Jadi sekuritas memiliki harga yang tidak stabil dalam  perdagangan di lantai bursa.  Supaya bisa mengetahui bawa sekuritas mispriced maka bisa memakai analisis teknis serta analisis fundamental. Pengertian analisis teknis yaitu analisis yang memakai data empiris yang terdiri atas perubahan harga di masa lalu agar bisa memperkirakan harga sekuritas pada masa mendatang. Sedangkan pengertian analisis fundamental menilai perkiraan harga sekuritas di masa mendatang dengan memperkirakan prospek keuntungan perusahaan di masa depan.
3. Menentukan dan memilih portofolio
Pengertian portofolio yaitu gabungan dari beberapa surat berharga sebagai bagian dari variasi dalam berinvestasi. Suatu prinsip yang selalu dipegang dalam memilih portofolio yaitu jangan Letakkan semua investasi pada  satu tempat. Artinya dengannya beberapa jenis surat berharga yang dimiliki bisa memberikan peluang Keuntungan pada satu surat berharga untuk bisa menutupi kemungkinan kerugian pada surat berharga lainnya.
4. Perbaikan atau revisi portofolio
Pada langkah ini, seorang investor bisa melakukan penilaian terhadap perubahan-perubahan yang terjadi terhadap portofolio yang dimilikinya. Investor bisa melakukan perubahan-perubahan padahal kepemilikan portofolio, manakah yang perlu dikeluarkan dari manakah yang bisa dibeli sebagai pengganti portofolio yang dikeluarkan tadi. Selain itu juga revisi memberikan pertimbangan-pertimbangan terhadap portofolio yang akan beli lagi.
5. Penilaian hasil dari portofolio
Pada langkah ini, seorang investor bisa melakukan peninjauan ulang terhadap berapa keuntungan yang sudah didapatkan serta kemungkinan berapa besar resiko yang ditanggung dari portofolio yang dipunyai.

1 comment:

Blog saya yang lain