Wednesday 19 July 2017

Potensi sosial dari wilayah Indonesia

Indonesia memiliki potensi sosial sebagai berikut :
a. Keragaman suku, budaya dan bahasa
Wilayah Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh beberapa lautan dan selat menyebabkan terbentuknya berbagai kebudayaan yang berbeda antara daerah satu dengan daerah yang lainnya. Sehingga sampai saat ini telah didata bahwa di Indonesia ada sekitar 1340 suku bangsa dan terdapat 726 bahasa daerah. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas, baik segi kebudayaan, adat istiadat, kehidupan sosial, sistem sosial dan kesenian. Semua ciri khas itu memperkaya khasanah kebudayaan nasional. Dengan keragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia bisa menjadi satu kekuatan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Selain itu kekayaan budaya nasional ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan luar negeri untuk berkunjung ke Indonesia.
b. Jumlah penduduk
Jumlah penduduk yang mencapai kurang lebih 250juta jiwa dan persentase usia produktif yang cukup tinggi yaitu mencapai 70% menjadi sebuah kekuatan yang bisa mendorong percepatan pembangunan di segala bidang.
c. Kualitas penduduk
Sejak adanya program wajib belajar 9 tahun telah turut juga membantu kualitas penduduk Indonesia dimana pada saat ini bisa dikatakan sebagian besar di Indonesia sudah lulus SMA, selain itu juga lulusan perguruan tinggi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tingkat pendidikan yang sudah tinggi ini menjadi modal yang baik dalam proses pembangunan karena produktivitas tenaga kerja bisa ditingkatkan dengan kemampuan sumber daya manusia yang baik. Selain itu layanan kesehatan juga sudah bisa menjangkau tempat-tempat terpencil dengan dibangunnya puskesmas di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Layanan kesehatan ini bisa membantu kualitas hidup dan angka harapan hidup rakyat Indonesia.
d. Mata pencaharian penduduk
Secara umum sebagai negara agraris, penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. Pekerjaan tersebut sangat didukung oleh kualitas alam Indonesia yang sangat subur sehingga proses menanam menjadi lebih mudah dan menghasilkan produk pertanian yang mempunyai mutu tinggi dengan jumlah yang banyak. Selain itu banyak juga indonesia yang bekerja sebagai nelayan yang mencari ikan di wilayah perairan Indonesia yang menghasilkan berbagai produk perikanan dengan kualitas ekspor. Dengan perkembangan jaman Yang ada sekarang ini, menjadikan penduduk Indonesia memiliki pilihan untuk bekerja pada bidang-bidang industri dan jasa, sehingga memunculkan profesi-profesi baru seperti sebagai karyawan, guru, profesional, tentara, polisi, politikus dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain