Thursday 27 July 2017

bentuk kerja sama yang dilakukan oleh negara-negara ASEAN dalam waktu dekat ini

Pertemuan Menteri Pemuda Se Asean
Pada tanggal 20 Juli 2017 dilaksanakan pertemuan antar menteri pemuda Asean atau The Tenth ASEAN Ministerial Meeting on Youth (10th AMMY) dan The Sixth ASEAN Plus There Ministerial Meeting on Youth (6th AMMY +3). Pertemuan penting ini diketuai oleh Menpora Imam Nahrawi.
Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pengembangan jiwa wirausaha atau enterpreunership para pemuda dalam upaya penyatuhan bidang kerja sama pada sektor industri. Bahasan ini menjadi penting karena meningkatnya angka pengangguran di negara-negara Asean dan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu generasi muda dalam persaingan global.
Bentuk kerjasama yang akan dilakukan berupa pemberian pendidikan ketrampilan dan manajemen bagi pemuda-pemuda calon wirausahawan di negara Asean. Kerja sama ini bisa terwujud jika masing-masing negara bisa mengedepankan kebersamaan dan meninggalkan kepentingan masing-masing. Hal ini penting karena pembangunan pemuda merupakan kunci bagi negara-negara Asean dalam bersaing dengan negara-negara lain di dunia.

Analisis peran  dalam kerja sama Asean tersebut tersebut adalah :
  1. Indonesia sebagai ketua dan memimpin kegiatan pertemuan Menteri Pemuda Asean. Hal ini merupakan peran yang paling besar dalam kegiatan tersebut. Indonesia bisa menjadi penentu utama keputusan yang akan diambil dan Indonesia bisa menjadi pemimpin utama Asean dalam pembangunan mutu pemuda di negara-negara Asean.
  2. Indonesia bisa menjadi pelopor dalam pembangunan sumber daya manusia terutama pemuda dalam kaitan peningkatan jumlah pengusaha muda dan peningkatan sektor industri Asean.
  3. Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam pertemuan tersebut sehingga para tamu undangan dari negara-negara Asean bisa melakukan perundingan dengan aman dan nyaman sehingga menghasilkan keputusan yang baik dan berguna bagi seluruh anggota Asean.
  4. Indonesia sudah melakukan peran penting dalam upaya meningkatkan mutu pemuda Asean untuk bisa bersaing dengan pemuda-pemuda lain di dunia.


1 comment:

  1. Ini dalam bidang apa ya? Politik atau sosial atau yang lain?

    Tolong di jawab secepatnya ya:)

    Makasih

    ReplyDelete

Blog saya yang lain