Saturday 27 December 2014

Pengertian mengajar

Dalam ilmu pendidikan ada satu kegiatan yang wajib ada yaitu "Mengajar". Mengajar berasal dari kata "ajar" yang berarti menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Aktivitas mengajar bisa terjadi jika ada pihak yang "diajar" dan pihak yang "mengajar". Dalam lingkungan sekolah kegiatan mengajar bisa terjadi antara guru dan siswa.
Menurut seoarng ahli yang bernama Mohamad Ali, menyampaikan bahwa mengajar adalah kegiatan mengatur atau mengorganisasikan lingkungan pendidikan kemudian menghubungkan kepada peserta didik yang menyebabkan terjadinya pembelajaran. Mengajar adalah suatu kegiatan yang disengaja agar bisa membantu siswa bisa belajar lebih baik.
Secara lebih luas mengajar bisa  diartikan sebagai membimbing siswa agar bisa memdapat ilmu pengetahuan serta bisa bertingkah laku yang sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku. Dalam mengajar, seorang guru harus bisa membimbing kegiatan siswa, mengarahkan pengaman siswa dan mengambil peranan dalam membantu
perkembangan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Pada jama modern saat ini dimana ilmu pengetahuan dan teknologi sudah sangat berkembang maka tuntutan pada kegiatan mengajar jauh lebih berat karena seorang guru harus lebih dinamis dalam menyampaikan pelajaran supaya peserta didik bisa memilah dan memilih informasi-informasi yang benar dengan yang buruk. Dalam hal sosial budaya "mengajar" bertujuan untuk merubah tingkah laku peserta didik sekaligus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Jadi kesimpulannya "mengajar" adalah aktifitas yang prosesnya terjadi secara disengaja dan terencana untuk membimbing serta memberi pengawasan terhadap kegiatan belajar siswa agar bisa mencapai hasil belajar yang sudah ditentukan sebelumnya. 

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain