Saturday 27 December 2014

Pengertian Strategi Pembelajaran

Sebagai usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran dalam lingkup kecil dan mencapai tujuan pendidikan nasional. Maka diperlukan langkah-langkah yang bisa membantu keterlaksanaan pembelajaran bisa berjalan dengan baik. 
Langkah tersebut merupakan tugas guru sebagai insan profesional yang mempunyai beban untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini menyebabkan seorang guru harus mempunyai wawasan yang luas dan mengetahui serta mempunyai gambaran yang jelas mengenai proses pembelajaran yang baik.
Pada bukunya Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain Menyampaikan pengertian strategi pembejaran adalah garis besar u
ntuk melakukan tindakan dalam usaha menncapai sasaran yang telah ditentukan. Dari pengertian itu bisa diambil makna bahwa ada cara-cara yang terencana yang menimbulkan hubungan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran agar bisa mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Dalam strategi pembelajaran seorang guru dihadapkan pada pilihan-pilihan terbaik dalam melakukan proses pembelajaran, atau guru memberikan pilihan-pilihan yang bisa menjadi rujukan kepada guru lain dalam melakukan proses pembelajaran pada tema atau bidang studi yang sama.
Proses membuat strategi pembelajaran harus  dimulai dengan mengidentifikasi prilaku dan karakter pribadi dari tiap-tiap peserta didik. Kemudian dilanjutkan dengan dilakukan pemilihan pendekatan proses pembelajan yang sesuai karakter siswa dan nilai-nilai yang adalah dilingkungan masyarakat sekitar sekolah. Selanjutnya guru bisa memilih prosedur, metode serta teknik pembelajaran yang paling baik, efektif dan efisien untuk dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran. Dan yang terakhir adalah menetapkan batas-batas atau ukuran keberhasilan sehingga seorang guru bisa melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
Jadi secara umum strategi pembelajaran adalah suatu proses memlih dan memilah cara-cara atau metode yang terbaik dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan kepribadian siswa dan lingkuan sekitar sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain