Monday 24 November 2014

Lembaga Keluarga

Pengertian lembaga yaitu bagian yang paling kecil dari kehidupan sosial yang beranggotakan bapak, ibu dan anak. Dalam keluarga sudah ada aturan yang tetap terhadap hubungan dari masing-masing anggotanya.
Seorang bapak bertugas untuk mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak-anaknya. Kemudian seorang ibu mengurus segala kebutuhan dan keperluan yang muncul di rumah. Sedangkan anak diwajibkan berbakti kepada kedua orang tuanya.
Bagi seorang anak sangatlah penting peran keluarga, karena di sana dia bisa belajar tentang kehidupan dan bagaimana hidup dengan orang lain dengan baik. Bagi orang tua diwajibkan mendidik dan memperkenalkan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat agar anak bisa berbaur dan menjalin hubungan baik dengan anggota masyarakat lainnya.

Fungsi keluarga
Keluarga mempunyai struktur yang terus berkembang dari waktu ke waktu, pada saat ini keluarga bisa menjadi benteng pertama dalam pembinaan akhlaq manusia. Jadi tugas sebuah keluarga menjadi lebih berat, dan bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan pokok anggotanya saja.
Secara umum keluarga mempunyai fungsi sebagai berikut:
a. Keturunan atau reproduksi, keluarga merupakan tempat untuk melanjutkan generasi yang merupakan wujud dari kasih sayang orang tuanya.
b. Perlindungan atau proteksi, keluarga harus bisa memberikan keamanan kepada anak-anak dari gangguan fisik maupun dari dunia luar.
c. Mendidik atau sosialisasi. Keluarga harus bisa membuat anak mempunyai pribadi yang baik dan sesuai dengan tuntutan dari orang tua dan masyarakat.
d. Ekonomi, artinya keluarga mempunyai fungsi memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Peran ini sebenarnya diperuntukkan kepada bapak, tetapi pada jaman sekarang ibu juga ikut membantu bapak bekerja untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya.
e. Afeksi, keluarga harus memberikan cinta kasih yang sepenuhnya kepada anak, agar anak bisa nyaman dan mendapat kehangatan dari orang tunya.
f. Pengawasan, Keluarga harus mengontrol atau memberikan pengawasan kepada anggotanya agar selalu bertindak yang baik sehingga bisa membuat nama keluarganya tetap baik.
g. Status, Pernikahan memberikan kepastian jati diri dan status bagi seorang suami dan istri untuk melakukan peranannya dalam hidup bermasyarakat. Selain itu juga memberikan status yang jelas kepada anak-anaknya terhadap garis keturunan yang dia miliki.

belajar sambil nonton video di bawah ini

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain