Friday 1 June 2018

Pengertian abiogenesis


Abiogenesis berasal dari kata “A” yaang berarti “tidak” dan Genesis yang berarti “kelahiran”. Jadi pengertian abiogenesis adalah pendapat atau teori yang menyatakan bahwa asal usul kehidupan yang ada di muka bumi ini berasal dari sesuatu yang menghasilkan zat yang hidup berasal dari benda yang tidak hidup (spontaneo). Dari sebuah teori yang berasal dari abad ke-19 berpendapat bahwa organisme kecil atau mikroorganisme bisa tumbuh atau muncul dari zat yang tidak hidup.
Berikut ini adalah beberapa tokoh atau ilmuwan yang melakukan penelitian berdasarkan teori abiogenesis.
1. Harold urey
Beliau yang mengemukakan bahwa atmosfer bumi pada suatu waktu memiliki banyak kandungannya molekul-molekul seperti H2O, metana atau CH4, ammonia atau NH3 dan hidrogen atau H2  kemudian mendapatkan aliran listrik yang berasal dari halilintar serta radiasi Sinar kosmik yang menyebabkan katanya reaksi-reaksi kimia pada Molekul-molekul tersebut sehingga membentuk suatu zat hidup. Zat itu pada mulanya seperti virus kemudian dalam waktu jutaan tahun berkembang menjadi bermacam-macam jenis organisme.
2. Percobaan Stanley  Miller

Stanley Miller merupakan murid dari harold uray yang berusaha untuk  menguji teori dari gurunya tersebut. Dia membuat model percobaan seperti gambar dibawah ini.
Suatu alat yang berbentuk tabung kemudian diisi dengan ch4, H2, nh3 dan h2o. lalu campuran dari gas-gas tersebut dialirkan pada labu yang sudah diberi elektrode yang bisa melepaskan listrik berbentuk bunga api dengan tegangan tinggi dalam kurun waktu 1 minggu yang hasilnya ditemukan beberapa jenis asam amino yang menjadi zat yang sangat penting dalam pembentukan protoplasma atau substansi dasar makhluk hidup, tetapi dari percobaan itu hanya menghasilkan asam amino yang tidak menunjukkan gejala gejala hidup.
3. Percobaan Shilly B. Foks
Foks dalam percobaannya sukses mensintesis beberapa jenis asam amino yang dia pindahkan pada suatu tempat untuk disemaikan yang hasilnya menujukan zat-zat tersebut memperlihatkan gejala-gejala hidup seperti virus. Dia melakukan percoba
an pada virus tembakau dengan melepaskan inti virus atau asam nukleat virus maka virus berupa seperti benda mati, tetapi apabila inti virus dikembalikan maka akan menunjukkan sifat-sifat yang hidup. Inti virus dalam percobaan Foks tersebut sekarang dinamakan DNA atau Deoxyribo Nucleic Acid) yaitu materi yang tersusun atas basa-basa nitrogen yang mengikat gula secara sederhana yang memiliki kandungan fosfat.
4. Teori Oparin pada tahun 1936
Oparin merupakan seorang ilmuwan Rusia yang memiliki kesamaan pandangan dengan Uray. Dia berpendapatan asam amino bisa terbentuk secara alami. Pada mulanya lautan di atas pemukaan bumi memiliki persediaan yang cukup bahan-bahan organik, berselang waktu yang sangat lama membuat bahan-bahan organik tersebut akan terikat satu dengan lainnya yang membentuk selaput-selaput. Kemudian selaput-selaput mempunyai kemampuan untuk mengikat molekul-molekul lainnya yang membentuk molekul yang memiliki karakterisitik yang baru juga. Molekul baru inilah yang diperkirakan sebagai bentuk awal dari zat yang hidup.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain