Monday 12 March 2018

Jenis Musik Ansambel Tradisional


Alat musik tradisional seperti gamelan sudah tidak asing lagi bagi kita, popularitasnya sudah mendunia dan telah memunculkan beberapa paduan aliran musik baru seperti : pop-gamelan, jazz-gamelan, dangdut-gamelan dan lain-lain. Gamelan telah memunculkan suatu institusi yang bisa memberikan ruang belajar dan berekspresi yang lebih luas dalam bermusik sehingga bisa ditampilkan dan dinikmati diseluruh dunia.
Di wilayah Indonesia seperti di Jawa dan Bali alat musik gamelan yang merupakan jenis bebunyian dan tetabuan yang masih ada dan berkembang sampai saat ini. Bagi sebagian orang dibeberapa daerah alat-alat musik tradisional sering dinamakan seni karawitan. Instrumen karawitan merupakan bentuk alat vokal maupun instrumental yang mempunyai konsep, karakter, sifat, cara kerja dan aturan tertentu.
Menurut Ki Sindu Suwarno, kata karawitan berasal dari kata dasar “rawit” yang mempunyai arti “cabe rawit” yang berarti “kecil”, “halus” dan “indah”. Secara umum karawitan mempunyai pengertian sebagai suatu seni suara yang memiliki bentuk vokal atau instrumental yang berlaraskan slendro dan pelog. 
Menurut pendapat R.M. Kusumadinata menyampaikan bahwa pengertian karawitan yaitu suatu pancaran sinar yang indah yang memiliki arti lebih luas sebagai suatu bentuk seni suara yang memiliki bentuk vokal dan instrumental yang berlaraskan salendro dan pelog. Tetapi pada era sekarang ini, istilah karawitan tidak hanya berarti harus berlaraskan pelog dan salendro saja, tatapi juga mewakili jenis musik lainnya. Sementara jenis musik di Indonesia sangat beraneka ragam. Sehingga pada saat ini penyebutan istilah karawitan bisa mencakup seluruh jenis alat musik tradisional yang ada di wilayah negara Indonesia.
Jadi bisa disimpulkan bahwa karawitan merupakan semua jenis alat musik tradisional yang ada di Indonesia seperti :
- Gamelan Jawa, Bali dan Sunda
- Tifa dari Maluku dan Papua
- Angklung dari Jawa Barat
- Arumba dari Jawa Barat
- Talembong dari Sumatra Barat
- Kulintang dari Sulawesi Selatan
- Gondang dari Sumatra Utara
- dll.

1 comment:

  1. ijin bookmark ya gan, buat materi pembelajaran SD. makasih

    ReplyDelete

Blog saya yang lain