Saturday 10 June 2017

Potensi dan persebaran batubara

Sebagai sebuah mineral yang berguna bagi manusia, batubara telah tertimbun dalam perut bumi dalam kurun waktu yang sangat lama dan keadaan tanah yang beraneka ragam membuat jenis batubara berbeda-beda dalam pemanfaatannya bagi kehidupan manusia. Berikut merupakan jenis batubara dan kegunaannya, yaitu:
  1. Tar batubara yaitu sisa-sisa atau residu batu bara yang bisa dijadikan campuran dalam produksi sabun, shampo dan kain.
  2. Batubara grafit yaitu sebagai bahan untuk membuat pensil.
  3. Batubara antrasit yaitu batu bara yang sifatnya keras Dan mempunyai warna hitam, di negara Eropa batubara digunakan sebagai pemanas ruangan ketika musim dingin dan juga digunakan untuk kepentingan komersil lainnya.
  4. Steam coal, pada zaman dulu dipakai sebagai bahan bakar kereta api uap.
  5. Batubara bitumen yaitu batubara yang dipakai dalam pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).
  6. Batubara lignit yang merupakan batu bara berwarna coklat juga bisa digunakan bagai sebagai bahan bakar tenaga listrik.
  7. Pear merupakan batu bara yang masih muda dan biasanya dipakai dalam sektor industri.
  8. Subbitumen merupakan batubara yang dipakai oleh PLTU


Indonesia adalah salah satu penghasil batubara di dunia, beberapa daerah yang merupakan penghasil batu bara utama di Indonesia yaitu :
  1. Pulau Kalimantan
  2. Pulau Papua
  3. Bukit Asam yang berdekatan dengan Tanjung Enim provinsi sumatera Selatan. Disana merupakan daerah penghasil batubara muda (antrasit).
  4. Daerah Ombilin , SawahLunto provinsi Sumatera Barat.


No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain