Tuesday 16 July 2019

Bagaimana Jagung Berkembang Biak ?


Jagung adalah tanaman yang bisa menjadi bahan pokok pangan masyarakat Indonesia. Masyarakat di pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung mengandung banyak karbohidrat yang berguna untuk energi dalam tubuh.
Proses dalam menanam jagung yang dilakukan petani mulai dari pembenihan biji jagung. Kemudian dalam rentan waktu empat hari maka benih jagung akan muncul ke permukaan tanah. Setelah menunggu tiga setengah bulan maka jagung sudah berbentuk buah seperti tongkol yang siap dipanen.
Bunga jagung mempunyai semacam helai-helai seperti rambut yang halus yang ada di ujungnya. Tepung sari terdapat di helai-helai rambut tersebut yang akan terbang bersama angin dan jatuh di kepala putik bagian bawah bunga jagung sehingga terjadi pembuahan.
Setelah pembuahan terjadi maka bunga jagung akan berkembang menjadi buah. Proses tersebut harus dilihat secara seksama dari waktu ke waktu. Petani bisa memanen buah jagung jika rambutnya sudah berwarna kecoklatan dan tongkol serta kulit penutup buahnya mengering. Bagian yang biji dikonsumsi oleh manusia adalah bijinya yang berwarna kekuningan ketika dipanen.
Agar jagung selalu ada sebagai bahan makanan pokok manusia maka petani bisa menanam kembali biji yang sudah dipanen dengan memilih biji jagung yang tua. Maka dari disinilah siklus penanaman jagung dimulai lagi.

Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.
Paragraf 1. Jagung sebagai makanan pokok
Paragraf 2. Proses dan lama menanam jagung
Paragraf 3. Pembuahan pada bunga jagung
Paragraf 4. Proses perkembangan bunga jagung
Paragraf 5. Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia 

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain