Thursday, 19 January 2017
Apa tujuan Indonesia melakukan misi dagang ke Amerika Serikat
Tujuan misi dagang ke negara AS.
- Memperluas dan menambah jumlah ekspor
produk-produk unggulan agar bisa diterima oleh pasar di Negara Amerika Serikat.
Dengan adanya misi dagang akan terlihat peluang-peluang baru yang bisa
dijadikan kesempatan emas untuk menambah produk dalam negeri yang akan
dipasarkan di AS. Dengan peningkatan ekspor akan juga meninngkatkan sumber
devisa bangsa Indonesia.
- Membentuk jaringan pemasaran yang lebih efisien
dengan bekerja sama dengan distibutor lokal di Amerika Serikat sehingga
produk-produk Indonesia bisa lebih diterima oleh masyarakat AS.
- Menawarkan dan mempromosikan produk-produk baru
yang selama ini belum masuk ke negara tujuan agar bisa diterima oleh penduduk
setempat.
Hubungan misi dagang ke AS dan kerjasama ekonomi
antarnegara.
Setiap negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya
sendiri, mereka harus bekerja sama satu dengan lainnya, karena ada negara yang
kaya sumber daya alam tapi tertinggal Ipteknya, tetapi ada negara yang minim
SDA tetapi mempunyai pengusaan Iptek yang tinggi, mereka harus bekerja sama
saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Misi dagang bisa
menghubungkan kerjasama ekonomi antarnegara. Antara pihak yang melakukan misi
dagang akan melihat peluang atau kesempatan kerjasama ekonomi yang mungkin bisa
dilakukan. Misalnya Indonesia membutuhkan alat-alat elektronik dari AS,
sedangkan AS membutuhkan hasil kopi, makanan laut, cokelat dan lain-lain,
sehingga kedua negara akan saling tukar menukar barang dagangan dalam bentuk kerjasama ekspor dan impor.
Dari adanya misi dagang juga akan mempererat
persahabatan antar negara sehingga kerjasama ekonomi akan terus terjalin antar
negara-negara di dunia. Dan dari kerjasama ekonomi akan meningkatkan keuntungan
negara-negara tersebut dalam bentuk devisa negara yang bisa digunakan untuk
meningkatkan kesejahteraan penduduk di dalam negeri.
Kegiatan selain misi dagang untuk meningkatkan
kerjasama ekonomi antar negara.
- Pameran atau expo yang mengundang negara-negara
yang memiliki produk sejenis, misalnya : pameran produk pertanian, expo
komputer, mobil dan lain-lain.
- Kerjasama ekonomi regional, yaitu pada
negara-negara yang ada pada satu kawasan bisa membuatk kerjasama dalam bentuk
pasar bebas, misalnya Asean membentuk masyarakat ekonomi Asean (MEA)
- Festival kebudayaan dan pariwisata untuk
meningkatkan kunjungan pariwisata yang bisa meningkatkan potensi objek wisata sehingga
bisa meningkatkan perekonomian masing-masing negara.
- Melakukan kunjungan kenegaraan antarbangsa yang
dilakukan oleh pemimpin negara untuk mengadakan perjanjian bilateral dalam
bidang ekonomi dan penanaman modal.
- Membentuk organisasi-organisasi ekonomi
multilateral, misalnya Apec, WTO, IMF, IBRD dan lain-lain.
Labels:
IPS
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment