Friday 6 April 2018

Tuliskan perbedaan berdasarkan wilayah waktu yang kamu temui pada peta


Aktivitas teman-teman Udin
Tuliskan perbedaan wilayah waktu pada peta. Bagaimana pengaruh perbedaan waktu terhadap kegiatan teman udin sesuai dengan cerita di atas !
Jawaban :
Di Indonesia terbagi menjadi 3 wilayah waktu. Di contohkan pada cerita di atas, ketika di Batusangkar, Sumatera Barat menunjukkan waktu pukul 05.00 WIB maka pada saat yang sama di Mamuju, Sulawesi Barat pukul 06.00 WITA dan di Jailolo, Maluku Utara pukul 07.00 WIT. Sehingga bisa disimpulkan di Indonesia terdapat 3 waktu yaitu : WIB atau Waktu Indonesia Barat, WITA atau Waktu Indonesia Tengah dan WIT atau Waktu Indonesia Timur yang mempunyai selang 1 jam setiap bagian waktunya.
Perbedaan waktu di peta bisa mempengaruhi kegiatan teman-teman Udin misalnya : pada pagi hari di Batusangkar masih jam 05.00 WIB, Buyung masih baru bangun, bersiap untuk ibadah pagi dan berangkat sekolah, sedangkan Alang di Mamuju sudah dalam perjalan menuju sekolah naik sepeda karena waktu sudah menunjukkan jam 06.00 WITA, selanjutnya Ferdy yang tinggal di Jailolo sudah masuk kelas dan bersiap ulangan matematika karena sudah masuk jam 07.00 WIT.
Pada malam hari, kegiatan Buyung di Batusangkar melakukan makan malam bersama keluarga pada pukul 19.00 WIB sedangkan Alang di Mamuju sedang mengerjakan PR dan bersiap berangkat tidur pada pukul 20.00 WITA, selanjutnya Ferdy di Jailolo sudah di tempat tidur karena sudah mulai mengantuk karena jam sudah menunjukkan jam 21.00 WIT.
Menurutmu apa yang menyebabkan perbedaan itu ?
Hal ini dikarenakan letak astronomis Negara Indonesia yang berada pada garis bujur 91’ BT sampai 141’ BT, sedangkan setiap 15’ garis bujur di permukaan Bumi itu berbeda 1 jam, maka wilayah Indonesia di bagi menjadi 3 kawasan waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB) untuk pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat dan sekitarnya, Waktu Indonesia Tengah (WITA) untuk pulau Bali, sebagian Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan sekitarnya dan Waktu Indonesia Timur (WIT) untuk Maluku dan Papua.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain