Friday 6 April 2018

Amati gambar peta berikut atau bola dunia yang ada di kelasmu


Ada perbedaan kegiatan udin dengan teman-teman dibeberapa daerah di Indonesia pada saat yang sama. Oleh karena itu Udin ingin mengetahui penyebab atau dasar dari pembagian waktu di Dunia khususnya di Indonesia.

Kamu dapat membantu Udin dalam memahami pembagian waktu di dunia dengan melakukan kegiatan berikut !
1. Lakukan pengamatan pada peta di bawah ini !

2. Lakukan pengamatan garis melintang pada peta atau globe yang membagi Bumi menjadi utara & selatan.
3. Lakukan pengamatan pada garis yang membujur di atas peta atau globe yang memisahkan Bumi menjadi belahan barat dan timur.

Tuliskan semua hal-hal yang kamu temukan dari pengamatan peta dan globe.
a. Pada globe/peta terdapat garis lintang yang membela bumi menjadi utara dan selatan, Indonesia dilewati garis lintang 0’ atau yang disebut garis katulistiwa. Indonesia berada pada 6’ Lintang Utara dan 11’ Lintang Selatan.
b. Pada globe/peta ada garis bujur yang menghubungkan kutub utara menuju ke kutub selatan, garis bujur membagi bumi menjadi belahan barat dan timur. Indonesia berada pada 95’ Bujur Timur (BT) sampai 141’ Bujur Timur (BT).

Agar bisa mendapatkan pengetahuan lengkap tantang pembagian waktu di Indonesia dan Dunia bisa membaca teks di bawah ini.
Planet Bumi berputar pada porosnya dalam lingkaran 360 derajat dalam waktu 24 jam untuk sekali putaran. Dengan perputaran atau rotasi itu menyebabkan terjadinya perbedaan waktu pada setiap daerah di dunia ini. Jika diamati maka di atas peta/globe terdapat garis bujur (paralel) dan garis lintang (meridian).
Pengertian garis lintang yaitu garis imajinasi yang posisinya melingkari planet Bumi. Garis lintang seakan-akan membela Bumi menjadi dua yaitu utara dan selatan. Untuk belahan Bumi utara dinamakan Lintang Utara (LU) dan untuk belahan selatan dinamakan Lintang Selatan (LS). Pembagian garis lintang ini digunakan untuk membagi daerah iklim di permukaan Bumi. Garis lintang 0 derajat disebut garis katulistiwa.
Pengertian garis bujur yaitu garis imajinasi yang membujur membelah Bumi menjadi belahan Bumi timur dan Bumi barat. Bumi bagian barat dinamakan Bujur Barat atau BB dan Bami bagian timur dinamakan Bujur Timur atau BT. Garis bujur ini dipakai dalam membagi daerah waktu di atas permukaan Bumi. Garis bujur 0 derajat berada di kota Greenwich di Inggris yang menjadi penentu waktu secara internasional. Dalam perputaran Bumi pada porosnya (rotasi) setiap 1 derajatnya memerlukan rentan waktu 4 menit. Jika berputar 15 derajat maka planet Bumi memerlukan waktu 1 jam. Maka dari itu jika dua tempat di bumi terpisah sebesar 15 derajat maka perbedaan waktu kedua daerah tersebut adalah 1 jam.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain