Wednesday 22 March 2017

prinsip manajemen

Seorang ahli manajemen yang bernama Henry Fayol menyampaikan pendapatnya tentang prinsip manajemen yang bisa terangkum menjadi 14 Prinsip utama yaitu :
1. Wewenang
Dalam bahasa Inggris artinya authority yaitu setiap manajer punya wewenang untuk memerintah bawahannya . Kemampuan untuk memerintah ini tidak sama satu orang dengan yang lainnya tetapi biasanya jika manajer mempunyai kemampuan dan keahlian yang di sesuai maka dia akan mudah memberikan perintah kepada bawahannya.
2. Disiplin
Disiplin adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah organisasi. Ketika pertama kali masuk dalam sebuah organisasi, karyawan harus sudah tahu tata aturan dan nilai yang harus mereka kerjakan. Dalam hal ini harus ada penghargaan kepada pegawai yang berdisiplin tinggi dan harus ada teguran kepada pegawai yang tidak disiplin.
3. Pembagian kerja nilai
Division of labor merupakan cara agar sebuah organisasi berjalan secara efektif dan efisien karena apa pembagian kerja bisa mengarah pada spesialisasi seseorang pada bidang pekerjaan tertentu sehingga tujuan kerja dan waktu kerja bisa dilaksanakan secara baik dan benar.
4. Kesatuan perintah
bahasa lainnya adalah unity of command yang artinya bawa semua karyawan hanya memperoleh satu perintah pada setiap pekerjaannya. Dalam spesialisasi setiap individu harus bertanggung jawab atas pekerjaan yang harus dilakukan. Pekerjaan itu harus ditanggungjawabkan kepada atasannya atau otoritas yang lebih tinggi.
5. Mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi
Setiap individu dalam organisasi harus mengutamakan kepentingan organisasi secara keseluruhan daripada kepentingan dia secara perorangan. Hal ini ditujukan agar kelangsungan hidup organisasi atau perusahaan bisa terjamin tanpa gangguan dari karyawan-karyawan yang hanya mengejar kepentingan pribadinya.
6. Kesatuan arah
Tujuan yang hendak dicapai oleh seorang manajer dalam perencanaan sebuah perusahaan perlu mempunyai kesamaan dari tingkat paling atas sampai tingkat paling bawah. Hal ini ditujukan agar tujuannya untuk dipakai dalam perencanaan bisa tercapai secara benar.
7. Sentralisasi
Dalam sebuah organisasi yang bisa berhubung ada satu kesatuan pengambilan keputusan secara terpusat biasanya dilakukan oleh top leader. Pengambilan keputusan secara sentralisasi bisa memberikan efisiensi yang tinggi terhadap pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pemborosan waktu dalam pengambilan keputusan karena terlalu banyaknya pihak-pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan.
8. Hirarki dalam jabatan
Struktur organisasi yang terbentuk dari top leader sampai tingkatan paling bawah mempunyai jenjang jabatan dan tanggung jawab yang berbeda. Dalam hal ini setiap individu mempunyai kesempatan yang sama untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi dengan kemampuan dan keahliannya, selain itu individu juga bisa mengalami penurunan jenjang jabatan karena mungkin dia memang tidak pantas atau tidak ahli dalam jabatannya dia. Hal ini penting karena menyangkut etos kerja dan semangat kerja dalam sebuah perusahaan.
9. Gaji atau upah
Karyawan dalam setiap jenjang manajemen perlu mendapatkan gaji atau upah yang sesuai dengan tingkat kerjanya atau keahliannya. Upah yang sesuai akan memunculkan semangat kerja yang tinggi sehingga tujuan organisasi bisa tercapai dengan baik.
10. kesamaan
Equality menjadi hak yang penting bagi semua karyawan. Manager harus memberikan kesamaan perlakuan terhadap semua bawahannya. Tidak boleh ada pilih kasih atau menganakemaskan salah satu individu.
11. Inisiatif
Seorang pimpinan harus memberikan kebebasan yang seluas-luasnya asalkan tidak keluar dari rencana yang ada agar bawaan bisa melakukan improvisasi terhadap pekerjaan yang dia lakukan. Hal ini dilakukan supaya muncul inovasi-inovasi yang bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melaksanakan perencanaan yang sudah ada.
12. Tata tertib
Manusia adalah makhluk yang perlu mendapatkan aturan yang bisa mengatur dirinya. Aturan ini agar kerja individu tersebut bisa bekerja  lebih jelas dan lurus sesuai dengan aturan yang ada.
13. Kestabilan
Stability of staff menjadi penting supaya ada keterjaminan bagi setiap jenjang manajemen untuk melaksanakan perencanaan dalam rentan waktu tertentu. Sirkulasi manajemen yang terlalu sering akan menimbulkan ketidakstabilan yang berujung pada sulitnya mencapai tujuan yang ada.
14. Semangat kerja kelompok

Kerjasama yang dilandasi semangat yang tinggi akan memunculkan  rasa persatuan yang menjadikan setiap individu akan bahu membahu saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain