Thursday 26 January 2017

Usaha menjalin kerja sama bidang sosial budaya internasional

Apa hubungan acara  “Soirée Musicale et Danses Indonésiennes” dan usaha untuk menjalin kerja sama dalam bidang sosial budaya secara internasional
Acara tersebut memberikan jalan untuk terjadinya hubungan internasional, dalam hal ini bisa melahirkan hubungan yang erat antara negara Perancis dan Indonesia. Lebih lanjut akan terjadi hubungan yang saling menguntungkan dengan adanya tukar menukar pengetahuan budaya masing-masing negara.

Manfaat yang diperoleh pemerintah Indonesia yaitu :
1. Indonesia bisa memperkenalkan budaya yang unik kepada dunia inetrnasional agar warga negara asing bisa tertarik untuk datang ke Indonesia.
2. Sebagai promosi budaya nasional kepada penduduk luar negeri.
3. Sarana untuk menarik wisatawan asing untuk datang ke Indonesia sehingga menghasilkan devisa.

Upaya lain untuk menjaslin kerja sama Internasional dalam bidang budaya adalah :
1. Mengadakan lomba-lomba budaya tingkat dunia yang mengundang semua negara untuk berkompetisi, misalnya : lomba menyanyi, paduan suara dan tarian internasional.
2. Menyelenggarakan olimpiade sains internasional yang diikuti oleh siswa-siswa terbaik disetiap negara untuk menjadi yang terbaik.
3. Membentuk organisasi-organisasi yang mewadahi kerjasam budaya antar bangsa, misalnya : Unesco, COSD, COCI, SEAMEO, unicef, dll.
4. Melakukan pertukaran pelajar dlam rentang waktu tertentu agar terjadi tukar budaya dan pengetahuan pelajar-pelajar antar bangsa.
5. Mengelar kompetisi olahraga internasional yang mempertandingkan berbagai cabang olah raga untuk mendapatkan medali terbanyak. Misalnya : olimpiade, Asiangames, Seagames, dll.

6. Pemberian bantuan kemanusiaan bagi negara-negara yang sedang mengalami musibah bencana alam, hal ini sebagai rasa sosial yang tinggi antar bangsa saling membantu satu dengan  lainnya.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain