Thursday 19 January 2017

Apa tujuan Indonesia melakukan misi dagang ke Amerika Serikat

Tujuan misi dagang ke negara AS.
- Memperluas dan menambah jumlah ekspor produk-produk unggulan agar bisa diterima oleh pasar di Negara Amerika Serikat. Dengan adanya misi dagang akan terlihat peluang-peluang baru yang bisa dijadikan kesempatan emas untuk menambah produk dalam negeri yang akan dipasarkan di AS. Dengan peningkatan ekspor akan juga meninngkatkan sumber devisa bangsa Indonesia.
- Membentuk jaringan pemasaran yang lebih efisien dengan bekerja sama dengan distibutor lokal di Amerika Serikat sehingga produk-produk Indonesia bisa lebih diterima oleh masyarakat AS.
- Menawarkan dan mempromosikan produk-produk baru yang selama ini belum masuk ke negara tujuan agar bisa diterima oleh penduduk setempat.

Hubungan misi dagang ke AS dan kerjasama ekonomi antarnegara.
Setiap negara tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, mereka harus bekerja sama satu dengan lainnya, karena ada negara yang kaya sumber daya alam tapi tertinggal Ipteknya, tetapi ada negara yang minim SDA tetapi mempunyai pengusaan Iptek yang tinggi, mereka harus bekerja sama saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Misi dagang bisa menghubungkan kerjasama ekonomi antarnegara. Antara pihak yang melakukan misi dagang akan melihat peluang atau kesempatan kerjasama ekonomi yang mungkin bisa dilakukan. Misalnya Indonesia membutuhkan alat-alat elektronik dari AS, sedangkan AS membutuhkan hasil kopi, makanan laut, cokelat dan lain-lain, sehingga kedua negara akan saling tukar menukar barang dagangan dalam bentuk  kerjasama ekspor dan impor.
Dari adanya misi dagang juga akan mempererat persahabatan antar negara sehingga kerjasama ekonomi akan terus terjalin antar negara-negara di dunia. Dan dari kerjasama ekonomi akan meningkatkan keuntungan negara-negara tersebut dalam bentuk devisa negara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk di dalam negeri.

Kegiatan selain misi dagang untuk meningkatkan kerjasama ekonomi antar negara.
- Pameran atau expo yang mengundang negara-negara yang memiliki produk sejenis, misalnya : pameran produk pertanian, expo komputer, mobil dan lain-lain.
- Kerjasama ekonomi regional, yaitu pada negara-negara yang ada pada satu kawasan bisa membuatk kerjasama dalam bentuk pasar bebas, misalnya Asean membentuk masyarakat ekonomi Asean (MEA)
- Festival kebudayaan dan pariwisata untuk meningkatkan kunjungan pariwisata yang bisa meningkatkan potensi objek wisata sehingga bisa meningkatkan perekonomian masing-masing negara.
- Melakukan kunjungan kenegaraan antarbangsa yang dilakukan oleh pemimpin negara untuk mengadakan perjanjian bilateral dalam bidang ekonomi dan penanaman modal.

- Membentuk organisasi-organisasi ekonomi multilateral, misalnya Apec, WTO, IMF, IBRD dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain