Friday 20 July 2018

Kamus Biologi : Pengertian Amfivasal, Anabolisme dan Anemokori

Pengertian Amfivasal
Amfivasal atau Amphivasal berasal dari dua kata “amphi” yang berarti  “dua” dan “vas” yang berarti pembuluh. Jadi pengertian Amfivasal adalah suatu berkas pembuluh angkut di atas xilem yang dikelilingi floem, Amfivasal ini setipe dengan pembuluh angkut konsentrik di jaringan tumbuhan. Sedangkan pengertian floem yaitu pembuluh ayak atau pembuluh tapis yang mempunyai fungsi untuk mengangkut zat-zat yang dihasilkan dari proses fotosintesis dari daun untuk disalurkan ke semua bagian tumbuhan. Sedangkan Xilem merupakan pembuluh kayu yang mempunyai fungsi membawa zat-zat hara dari serapan akar menuju ke daun.


Pengertian Anabolisme
Anabolisme berasal dari Bahasa Yunani “ana” yang berarti “menyusun” dan “bole” yang berarti “menambah / pertukaran”. Jadi pengertian anabolisme adalah proses penyusunan zat kimiawi pada organisme yang hidup dengan melibatkan pembuatan suatu molekul yang kompleks yang berasal dari molekul yang sederhana dan proses itu memerlukan energi. Misalnya proses fotosintesis yang merupakan asimilasi -C yang air dengan CO2 (karbondioksida) memerlukan energi matahari dalam membentuk senyawa karbon.
Sebagai sinonimnya yaitu asimilasi,misalnya : asimilasi -S, asimilasi -N, dll. Sedangkan lawan katanya yaitu katabolisme, misalnya : peragian (fermentasi) dan respirasi.


Pengertian Anemokori
Anemokori berasal dari kata “anemos” yang berarti “angin” sedangkan “chorein” yang berarti “menyebar”. Jadi pengertian Anemokori yaitu proses perkembangbiakan pada tumbuhan yang dibantu oleh angin. Tumbuhan itu mempunyai dipterocarpus atau semacam sayap yang ada pada buahnya. Contoh : tumbuhan tembuyung yang memiliki buah rambut bulu dan tumbuhan kapok yang memiliki biji berserabut bulu.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain