Tuesday 1 March 2016

Akar

Apa Saja Penyusun Akar?
Akar tumbuhan umumnya berada di dalam tanah. Akar merupakan bagian dari tumbuhan yang menempel pada pangkal batang. Berbeda dengan batang yang pertumbuhannya memanjang ke atas, akar pertumbuhannya ke bawah. Jadi, semakin lama dia akan tumbuh memanjang masuk ke dalam tanah. Pada gambar penampang akar muda di samping terlihat beberapa bagian, yaitu zona rambut akar, meristem apikal, dan tudung akar. Rambut akar berperan dalam menyerap air dari dalam tanah. Meristem apikal merupakan jaringan pada akar yang selalu melakukan pembelahan sehingga bagian akar ini selalu bertambah panjang.

Macam-Macam Akar
Berdasarkan jenis tumbuhannya, akar pada tumbuhan dibagi menjadi dua macam, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut berbentuk serabut, dimana akar ini tidak memiliki akar pokok. Akar muncul dari pangkal batang sehingga membentuk serabut. Akar ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monokotil), misalnya padi, kelapa, dan jagung. Akar tunggang berupa akar pokok yang bercabang-cabang menjadi bagian akar yang kecil. Akar ini dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua (dikotil), misalnya mangga, jeruk, dan kacang-kacangan.


Apa Fungsi Akar?
Akar berfungsi sebagai menopang agar pohon tetap berdiri. Bila diibaratkan pohon itu sebagai rumah maka akar adalah fondasi rumah. Semakin tinggi bangunan rumah maka fondasinya juga harus semakin dalam agar rumahnya tidak roboh. Begitu juga pohon, semakin tinggi pohon maka akarnya harus menancap semakin dalam agar pohonnya tidak tumbang. Disamping sebagai penopang tumbuhan, akar berfungsi sebagai bagian dari tumbuhan yang bertugas menyerap air dan garam mineral yang ada di dalam tanah yang akan digunakan sebagai bahan baku tumbuhan untuk membuat makanannya.

Keunikan Akar

Pada jenis-jenis tumbuhan tertentu, akar berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan, seperti pada umbi- umbian contohnya pada singkong dan wortel. Beberapa jenis tumbuhan seperti bakau, memiliki akar yang muncul ke permukaan tanah. Bentuk akar tanaman bakau seperti ini adaptasi terhadap lingkungan payau dengan kadar garam yang tinggi. Jenis akar pada tanaman bakau disebut akar napas. Selain akar napas, beberapa tumbuhan menggunakan akarnya untuk melekatkan diri di tempat hidupnya. Contohnya adalah pada tumbuhan sirih. Jenis akar seperti ini disebut akar panjat.

No comments:

Post a Comment

Blog saya yang lain